Terima Kasih Telah Mau Berkunjung

Yang perlu dalam membuat Website atau Blog

Apa kamu sudah mempunyai website atau blog? Bagaimana, cukup tinggikah pengunjungnya? (sedikit? he..he.. berarti sama dong dengan punyaku). Tapi Its Ok, show must go on. Aku ada sedikit bocoran (lagi musim hujan nih) dari beberapa grandmaster catur (nggak nyambung ya).
Banyak hal yang musti diperhatikan kalau ingin eksis didunia maya. Yuk kita simak sama-sama.

Pertama, Kasih nama domain/subdomain (untuk blog) dengan nama yang mudah dihapal dan syukur-syukur namanya sudah bisa menunjukkan atau mewakili dari isi website/blog. Contoh, kalau isi website tentang informasi jenis cabe, harga cabe, dll maka biar orang mudah mengingatnya dikasih nama cabe.com

Kedua, Tentukan arah dan tujuan dari website atau blog mulai dari awal pembuatannya. Jangan sampai setelah website/blog yang kita bikin dengan tema game atau hiburan tapi isinya tentang harga cabe kriting, bawang bombay, gula en merk sembako lainnya. Takutnya pengunjung kecewa trus kapok trus cerita ke kawan dia trus kawannya cerita lagi ke kawannya lagi dan terus… pokoknya sesuaikan isi dengan tema dari website/blog

Ketiga, Rajin-rajin update isinya. Tak perlu banyak-banyak sehari satu sudah cukup (menurut kamu cukup nggak..) Ini maksudnya biar pengunjung tak berpikir ‘lho, kok ini lagi ini lagi. Tak ada yang lain apa’ Sudah lumrah dan manusiawi kalau manusia itu punya sifat bosan. Nah, kalau disuguhi ikan asin terus apa nggak pada keriting semuanya.

Keempat, Desain yang bagus (kayak bintang sinetron sekarang) biar nanti orang tak bosan memandang dan mau berlama-lama. Tapi satu hal yang juga harus dijaga adalah jangan sampai karena pengen tampil cakep trus loadingnya lama. Kan kasian habis modal banyak buat dandan tapi tak ada yang sempat lihat.

Kelima, Bikin alur/struktur dan navigasi yang jelas serta mudah dipahami. Orang jadi tak bingung harus kemana atau sedang dimana. Tak mau kan pengunjungmu pergi gara-gara tak tau harus mencari apa atau mau kemana.
Syukur-syukur ada disediakan peta/map untuk website/blog. (sorri, aku juga belum punya. he..he..)

Keenam, Komunikatif sama pengunjung. Sediakan tempat orang memuji atau mau memaki kamu. (Untuk kolom komentar disini tolong en please tulis yang buaik-buaik ya. Misal, kamu cakep deh. He..he..he.. )

Ketujuh, Seleksi dan analisa bagian-bagian mana yang menarik menurut pengunjung. Trus perbanyak isi dari page-page yang kira-kira trafficnya tinggi. (Kalau orang suka makan nasi goreng jangan dikasih sayur asem, ntar kena damprat man)

1 comment:

  1. He he,numpang nyimpan nama yah... Siapa tahu ada yang mau buka Blogku hehe ...

    ReplyDelete

POSTINGAN TERBARU



KOMENTAR KAWAN




Kutunggu Komentarmu ....