Terima Kasih Telah Mau Berkunjung

Antara Cerpen dan Cerpan Didalam Blogspot

Istilah cerpen mungkin sudah sangat familiar, kalau cerpan (coba tebak apa hayo..). Cerpen atau biasa disebut cerita pendek adalah sebuah cerita yang berkisar antara 6 sampai 7 halaman. Sedang cerpan (istilah gue nih) adalah cerita panjang yang isinya lebih panjang dari cerpen (ngawur dikit tak apa kan).

Cerpen biasa dipublikasikan dalam media massa seperti majalah, koran dan sejenisnya.

Trus ini hubungannya dengan blogspot apa (awas kalau ngawur lagi).
Begini, kalau ukuran tulisan dalam blogspot dibikin kayak di majalah (6 sampai 7 halaman) apa nggak bete sipembaca diblogger (Biaya akses mahal om, masa cuma untuk baca satu halaman doang). Dan lagi tampilan blogmu akan sangat-sangat panjang dan sedikit lama loadingnya.
Nah, singkat kata singkat cerita aku bikin diskripsi baru lagi untuk cerpen plus cerpan di blogspot. Cerpen untuk blogspot adalah berkisar satu halaman kecil saja atau paling tidak 500 huruf (Terlalu sedikit jangan, karena hanya memberi kesan kamu kurang profesional). Sedang cerpan adalah satu halaman panjang yang paling tidak 2000 huruf ke atas.

Sekarang untung ruginya kita menulis cerpen atau cerpan.

Cerpen :
Singkat, padat dan tak perlu banyak cingcong.

Cerpan :
Panjang, gendut dan terlalu banyak cingcong.

(Sorri, semuanya sudah pada diluar jalur kontek judul). Sekarang coba diluruskan dulu.
Menulis cerita panjang (cerpan) dalam blog hanya akan melelahkan dan menjemukan serta hanya mendapatkan satu judul saja yang efeknya hanya satu dampak pada simbah google. Karena dianggap satu action atau satu kali update content (kira-kira begitu). Tapi coba jika cerpan kamu dibikin cerpen-cerpen yang banyak maka akan menghasilkan banyak halaman dan itu berarti banyak judul, banyak update. Ingat judul dan content yang selalu diupdate sangat memberi kesan pada simbah. Ini contoh dampak untuk mesin pencari.

Sedang untuk pengunjung, dengan adanya link-link maka pengunjung akan dibawa berkeliling melihat-lihat isi content. Hal ini akan dapat memberi kesan pada pengunjung bagaimana gambaran sebenar dari blogmu. Kalau mereka respek maka jadilah ia sebagai pengunjung yang loyal dan setia menanti kelanjutan cerpenmu berikutnya, kalau enggak.. (rayu lagi deh).

Untuk lebih lanjut, kamu telaah dan cerna sendiri deh. Atau nanti aku buatkan lanjutan cerpennya. Biar jadi cerita bersambung (Nggak janji deh.......).

2 comments:

  1. he3...lucu bro....
    btw tambahin satu lagi donk
    cerbung...cerita bersambung jadi ada part 1 2 3 gitu...
    alias kalo bloggernya lagi kehabisan ide...ya bersambund dulu..

    ReplyDelete
  2. (Tuk mas kingindian) Kayaknya ide bagus tuh mas. Nanti kalau ada waktu pingin aku bikin cerita bersambung kayak punyanya Kho Pin Hoe

    ReplyDelete

POSTINGAN TERBARU



KOMENTAR KAWAN




Kutunggu Komentarmu ....