Terima Kasih Telah Mau Berkunjung

Beda Tipis Antara Tahu dan Sok Tahu

Bagaimana perasaanmu jika tiba-tiba ada orang yang langsung nyerocos ngalor ngidul tak tentu arah ketika kamu sedang serius-seriusnya ngebahas sesuatu? Marahkah? Sebelkah? Atau malah berterima kasih?

Ada sedikit cerita tentang pengalamanku menyangkut persoalan diatas. Pas lagi panas-panasnya otak nih kayak sedang digodok, blegeduk-blegeduk, terus muncul orang kasih solusi, ‘begini mas.. itu harus begitu ini harus begini…’

Awalnya senang juga ada orang tak dikenal langsung terjun membantu dan aku pikir dia orang yang sudah pakar bin ahli. Tapi pas giliran aku betul-betul butuh bantuan dan nanya eh diapun tak lebih dan tak kurang denganku. Trus mana ucapan besarnya tadi. Masak cuman ngomong doang. Mau marah nggak sopan, mau berterima kasih tapi nyatanya malah bikin persoalan nggak nemui penyelesaian. (pagi-pagi kok sudah ngomongin orang. Nggak baik tahuu!!)

Memang mudah untuk ngomong ini itu tapi kalau kita sendiri tak pernah mempraktekkannya ya sama juga gundul, anak kecil pun bisa melakukannya.
Alangkah baik dan bagus jika orang sebelum ngomong sesuatu dia sudah pernah melakukkannya atau paling tidak memang benar-benar tahu persoalannya jadi biar lebih klop, jangan sampai pas betul-betul orang lagi butuh bantuan eh belakangan baru keluar jawaban katanya si anu, katanya si inu atau entah siapa lagi yang bakal disebut. Kalau gini ceritanya jadi deh gelar sok tahu menempel dengan manis dipundaknya.

Boleh jadi orang pertama kali akan menganggap dirinya pandai dan ahli tapi jika sudah mengetahui kesoktahuannya maka bisa dipastikan nggak bakalan lagi orang mudah percaya sama dia.

Tahu dan sok tahu memang beda-beda tipis dan tak bisa dilihat tapi bisa dirasakan orang dengan seiring jalannya waktu.

Hmm, aku tahu kamu pasti berpikir ‘Lha yang nulis ini termasuk orang yang mana, sok tahu apa memang tahu?’

Begini, jujur aku jawab aku ini boleh dibilang orang yang sok tahu tapi kalau aku bilang terang-terangan tentu kamu nggak bakalan percaya sama aku lagi so dengan terpaksa aku bilang aku orang yang tahu membohongimu.

1 comment:

POSTINGAN TERBARU



KOMENTAR KAWAN




Kutunggu Komentarmu ....