Terima Kasih Telah Mau Berkunjung

Membuat Artikel yang berisi Source Code

Kamu biasa membuat postingan yang berisi code-code HTML? Bagaimana pertama kali melakukannya. Pasti ada masalah, ketika kamu tuliskan kode-kode itu dan mempreviewnya apa yang terjadi.. Tulisannya hilang dan tak nampak kode-kode itu dipreview karena kode itu dianggap sebagai source yang harus dijalankan bukan sebagai teks yang harus ditampilkan. (atau mungkin dia punya ilmu ngilang..?)

Ini ada beberapa cara menuliskan source code sebagai teks.

Untuk Penulisan Dalam Jumlah Kecil

Biasanya digabungkan dalam sebuah kalimat, maka langsung tulis aja kode tersebut seperti biasa hanya yang perlu diperhatikan adalah beberapa kode berikut :
< ganti dengan tulisan &lt;
> ganti dengan tulisan &gt;
" ganti dengan tulisan &quot;
& ganti dengan tulisan &amp;

Dalam Jumlah Banyak

Pertama, bisa gunakan notepad yang ada di windows
Masukkan atau copy code ke notepad kemudian replace symbol < dengan &lt; (dan simbol-simbol lain seperti symbol yang tertulis diatas).
Caranya tekan ctrl dan H bersama-sama lalu masukkan karakter/kata yang mau diganti dan karakter/kata yang menjadi pengganti. Kalau sudah copy code tersebut dan pastekan dalam postingan artikel.

Kedua
, mengunakan editor HTML seperti frontpage.
Masukkan code pada mode normal setelah kode siap baru klik mode source code lalu copy dan pastekan dalam postingan artikel.

Ketiga, menambahkan fasilitas add on pada browser mozilla firefox, yaitu program ScribeFire. Kalau belum ada kamu bisa mendownloadnya dulu dan menginstallnya pada browser mozilla firefoxmu.
Caranya hampir serupa dengan editor HTML hanya lebih praktis karena jika ingin mengunakan tinggal klik gambar di pojok kanan bawah halaman. Editor HTML langsung terbuka dan masukkakn code di mode normal lalu switch ke mode source terus copy dan pastekan ke postingan kamu. Beres deh.



Bonus keterangan nih, Scribefire selain bisa digunakan untuk edit html juga bisa untuk membuat postingan artikel, jadi kamu bisa membuat postingan source kode berikut keterangannya disini.

Kegunaan lain, cari sendiri ya mas, mbak, ning, dik, yu, pak, tante, om dkk-nya.

1 comment:

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/design/membuat_artikel_yang_berisi_source_code/

    ReplyDelete

POSTINGAN TERBARU



KOMENTAR KAWAN




Kutunggu Komentarmu ....