Terima Kasih Telah Mau Berkunjung

Mempercepat Proses Loading Web/Blog

Tahu nggak pekerjaan yang paling membosankan ? Menunggu. Ya, menunggu adalah sesuatu yang sangat menyebalkan. (kalau lagi nunggu cewek idaman datang dihari ini sih nggak apa-apa).

Belum lagi kalau yang ditunggu-tunggu tak keburu datang. Bisa-bisa kamu patah balik dan menyumpah-nyumpah.

Demikian juga dengan web/blog. Jika kita mengunjungi sebuah web/blog dan ternyata hanya untuk membukanya saja harus menunggu sampai bermenit-menit tentu kita dengan tak segan-segannya akan menekan tombol back atau sadisnya lagi langsung ditekan tanda silang.

Ada orang bilang, ‘begini bos, web/blog saya banyak ininya jadi harap dimaklumi kalau menunggu agak lama’. Kalau yang bilang cewek apalagi cantik sekuali mungkin orang bersedia menunggu tak hanya bermenit-menit bahkan mungkin berjam-jam pun tak jadi masalah.
Lha kalau kita, tampang cuman pas-pasan mau ngandalkan rayuan, nggak janji deh.

Banyak web/blog yang punya fitur bermacam-macam tapi bisa loading dengan cepat tapi banyak juga web/blog yang tak banyak fitur proses loadingnya lama. Jadi ada apa dengan cinta web/blog kita.

Ini ada sedikit oleh-oleh dari negeri seberang, moga-moga bisa bermanfaat.

1. Optimasi Gambar

Optimasi gambar bukan berarti mengurangi gambar. So, gambar boleh banyak tapi penggunaannya dioptimalkan semaksimal mungkin.

Buat gambar dengan ukuran sekecil mungkin.
Jangan karena ingin tampak artistic lalu bikin gambar tombol sebesar setengah halaman. Trus nulisnya dimana? Kalau terpaksa membuat gambar untuk background halaman gunakan saja gambar kecil yang di repeat. Kurangi gambar-gambar animasi dalam jumlah banyak dan ukuran besar.

Pilih format gambar yang sesuai.
Untuk gambar menu atau tombol pilih format .gif sedang untuk gambar photo dan sejenisnya pilih .jpg.

Untuk gambar yang sama gunakan satu file
Sering kita jumpai menu, tombol atau icon-icon yang sama dalam sebuah web/blog.
Jangan mentang-mentang hati lagi senang terus royal hingga tiap icon dikasih satu file gambar. Ini namanya kemaruk bin mubazir. Selain banyak kerja juga banyak memori yang dibutuhkan untuk membuka file-file tersebut. Biarpun gambar ditampilkan dibanyak tempat dalam sebuah page kalau file gambarnya satu bukanyapun juga satu kali.

2. Hindarkan sound atau lagu untuk background web/blog

Jangan karena maniac music terus web/blog diberi latar belakang lagu. (‘Apa peduli loe, blog blog gue, music music gue!! Banyak omong loe!!’ Sabar dulu ntar tak ada orang yang datang gimana? Nah gitu…, sabar.. sabar).
Nggak semua orang punya selera sama dengan kamu, jadi jika ingin mendengarkan lagu mending dibuat linknya saja. Jadi orang bisa milih sesuka dia dan yang penting dalam proses loading page tak perlu keluarkan tenaga ekstra hanya sekedar untuk memgotong sound system kamu.

3. Hindarkan Background Slide yang Berlebihan

Hampir serupa dengan penggunaan background lagu, taruh aja link slide / video yang kamu mau dan biarkan memilih sendiri jika pengunjungmu ingin nonton video/slide.

4. Kurangkan Penggunaan Bingkai “frame”

Jika tak terpaksa sekali hindarkan penggunaan bingkai alias frame. Penggunaan bingkai akan memaksa pengunjung membuka beberapa page secara serentak.

5. Sebisa mungkin kurangkan penggunaan Javascript yang berlebihan

Kadang dalam sebuah page perlu ditambahkan javascript untuk menampilkan sebuah aplikasi tertentu. Jangan karena ingin menampilkan semua aplikasi terus ditambahkan javascript sebanyak-banyaknya. Bisa jadi aplikasi yang kamu ingin tampilkan malah nggak nongol-nongol, sedang berbaris nunggu antrian datang.
Pilih dan pasang yang kira-kira sangat perlu dan dibutuhkan.

6. Tambahkan CSS (Cascading Style Sheet)

Pengunaan CSS sangat penting karena selain memudahkan kerja juga menghindari perintah yang berulang-ulang dalam pengaturan sebuah web/blog seperti warna, huruf, variable dan lain-lainnya.

Kalau kamu ingin mengecek kecepatan proses loading web/blog, kamu bisa menggunakan bantuan tool (HTML Toolbox) dari netmechanic.com

Aduh mas, punyaku ternyata juga lambat loading. Malunya aku…malunya aku…
(Ngomong ternyata lebih mudah dilakukan seribu kali daripada praktek yang hanya satu kali).

Literatur : WeWen

3 comments:

  1. mantap broo.. seep dah.. kapan nichh posting yang artikell baguss....seeep.. nice.... berjuang terusa tumpah kan keringat dan keluar kn di bawah broo... kwakwakwakwa

    ReplyDelete
  2. salam kenal semuanya

    gmn nih bang jadiin wa murid lo dong?

    bang pande kan orangnya baek
    pada percaya kan

    "HARUS PERCAYA"
    Klo ga ntar dmintain pulsa lo?
    hehehehheheheeheheheheheheh
    :)

    ReplyDelete
  3. Wahh trim tutorlnya kan saya coba maklum saya newest bloggist..hee..hee..heee

    ReplyDelete

POSTINGAN TERBARU



KOMENTAR KAWAN




Kutunggu Komentarmu ....